09 September 2020, 11:30 WIB

Layanan Elektronifikasi Tiket One Person One Card


Hilda Julaika | Megapolitan

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mengupayakan pemberlakuan elektronisasi angkutan layanan umum. Menurut Syafirn, pihaknya menargetkan bulan September ini ada implementasi One Person One Card secara elektronifikasi untuk mengurangi sentuhan langsung pada kartu saat transaksi pembayaran transportasi umum.

“Inovasi layanan lainnya yang didorong itu elektronifikasi angkutan layanan umum. Ada target bulan September ini One Person One Card,” ujar Syafrin dalam diskusi bertema 'Mobilitas Aktif Pasca Pandemi' secara virtual, Rabu (9/9).

Menurutnya, hal ini diupayakan dalam rangka mengurangi sentuhan langsung dalam transaksi ticketing. Terlebih saat ini tengah dalam kondisi pandemi covid-19, sehingga elektronifikasi ini bisa menjadi aktivitas untuk meminimalkan penyebaran virus covid-19.

Baca juga: Cegah Klaster Covid-19 Pilkada 2020, Polri Keluarkan Telegram

“Ini dilakukan untuk mengurangi sentuhan lewat proses transaksi ticketing dalam layanan transportasi umum,” jelas Syafrin.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Achmad Izzul Waro mengatakan pihaknya pun tengah menyiapkan peningkatan digitalisasi pada transaksi pembayaran. Terutama pembayaran layanan berbasis halte akan disiapkan menggunakan QR Code.

“Kita perlu meningkatkan digitalisasi transaksi pembayaran, maka kita insya Allah akan segera meluncurkan pembayaran menggunakan QR technology. Terutama yang layanan berbasis halte akan siapkan pembayaran menggunakan QR,” tuturnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT