03 September 2020, 18:40 WIB

Simulasi Protokol Kesehatan di Tempat Hiburan Malam Akan Dilakukan


Hilda Julaika | Megapolitan

Ketua Asosiasi Pengusaha Hiburan Jakarta (Asphija) Hana Suryani mengatakan kepastian pembukaan bisnis hiburan malam di Ibu Kota memang belum ada titik terang. Namun, menurutnya pada Minggu malam mendatang (6/9), Satgas Covid-19 DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta akan melakukan simulasi protokol kesehatan sebelum pembukaan usaha kembali.

“Satgas Covid-19 daerah sama DPRD DKI nanti rencananya minggu malam. Katanya juga akan ngundang Dinas Pariwisata untuk melihat kesiapan dari protokol temen-temen usaha,” ujar Hana, Kamis (3/9).

Menurut Hana, simulasi usaha ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada pengusaha hiburan malam memperlihatkan kesiapan mereka jika tempat hiburan malam dibuka. Sebetulnya jadwal simulasi ini sudah dijadwalkan pada Rabu (2/9) kemarin, tapi digeser menjadi hari Minggu nanti. Oleh karena itu, pihaknya mengaku terus mendorong pemerintah daerah untuk melihat simulasi protokol bisnis hiburan malam.

Baca juga: Rekor Baru, Penambahan Kasus Covid-19 Jakarta 1.406 per Hari

“Semua pihak harusnya bijaksana memberikan kesempatan untuk melakukan simulasi protokol karena pengusaha-pengusaha ini sudah punya protokol kesehatan yang ketat dan inovasi yang menyesuaikan dengan keadaan. Namun, memang belum ada kesempatan untuk melakukan simulasi dari pemerintah daerah,” ungkapnya.

Protokol kesehatan yang disiapkan sektor ini, imbuh Hana, sudah sesuai dengan dianjurkan oleh World Health Otganization. "Bahkan sudah menyesuaikan dengan setiap jenis bisnis. Misalnya, kalau di bisnis karaoke, maka ada penambahan sarung di mic lalu ada penambahan bangku dan penerapan jaga jarak," jelas Hana.

Tiap usaha, lanjutnya, operasionalnya kan beda-beda. "Dan itu sudah kita maksimalkan. Makanya sebaiknya disimulasikan dan melihat kesiapan kami dengan langsung,” pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT