31 August 2020, 18:45 WIB

DKI Pastikan Petugas Sensus Sudah Rapid Test


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

MULAI Selasa (1/9) besok, petugas sensus akan mendatangi warga secara langsung. Kepala Badan Pusat Statistik DKI Jakarta, Buyung Airlangga, memastikan petugas sensus tidak terpapar covid-19.

"Seluruh petugas sensus telah lulus rapid test. Jadi mereka yang reaktif kami tidak rekrut," ungkap Buyung saat dihubungi, Senin (31/8).

Saat terjun di lapangan, petugas sensus bakal dilengkapi dengan alat pelindung diri. Misalnya, masker, sarung tangan, hand sanitizer dan faceshield. Upaya itu bertujuan mencegah penularan covid-19.

Baca juga: Sensus Penduduk, Anies : Ketua RT Pastikan Petugas Patuhi Protokol

Adapun petugas sensus tersebar di lima wilayah administrasi Jakarta dan Kepulauan Seribu. "Untuk kebutuhan sensus penduduk 2020 terdiri dari koordinator 407 orang dan petugas sensus 5846 orang. Total ada 6253 orang," imbuh Buyung.

Nantinya, petugas sensus dibantu ketua RT untuk mengecek data warga yang didatangi langsung. Menurut Buyung, pengecekan itu penting untuk membandingkan data Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dimiliki sebelumnya.

"Tempat tinggalnya bisa saja berubah. Makanya dicek dulu dengan ketua RT setempat. Nanti mereka akan door to door ke warga untuk wawancara sebentar," tandasnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT