31 August 2020, 17:47 WIB

Anies: PR Saya Tuntaskan Kasus Covid-19 Jadi Zero


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim kasus covid-19 di daerahnya masih terkendali. Namun, ia mengakui ada PR atau pekerjaan rumah yang harus diselesaikan ke depannya.

"Jadi meski angka kasus baru naik, bila jumlah kasus aktif menurun, dan bila angka kematian rendah, berarti relatif terkendali. Tapi, ini belum selesai. Artinya masih punya PR untuk menuntaskan sampai zero active cased," ujar Anies dalam sebuah diskusi virtual, Senin (31/8).

Kasus covid-19 di Jakarta hampir 40 ribu. Anies mengklaim pihaknya aktif lakukan tracing dengan metode active case finding. Bahkan, katanya, DKI menyumbang 43% testing dari seluruh Indonesia.

"Jadi ini menggambarkan bahwa aktivitas testing masif yang kita lakukan membuat kita bisa mendeteksi kasus dini sehingga mereka yang punya risiko fatal bisa isolasi," sebut Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Baca juga: Hasil Sidak, Banyak Restoran Langgar Kapasitas Maksimum 50%

Selain itu, Anies meminta keterlibatan masyarakat dengan patuh terhadap protokol kesehatan. Hal itu, katanya, bisa mengimbangi beban kerja pemerintah dalam berupaya mencegah penularan.

"Di sini letaknya pentingnya kerja bersama pemerintah masyarakat dan pemerintah agar yang dikerjakan pemerintah itu diimbangi kebiasaan masyarakat. Misalnya di tempat umum, di bus, di kereta pakai masker," kata Anies.

Ia menegaskan, untuk tidak meremehkan penggunaan masker saat berada di luar rumah atau beraktvitas bersama. Perkantoran diketahui telah menjadi klaster covid-19 di Ibu kota.

"Bila ngobrol, diskusi, lepas masker, maka potensi penularan lebih tinggi," pungkas Anies. (A-2)

BERITA TERKAIT