31 August 2020, 15:25 WIB

Sensus Penduduk, Anies : Ketua RT Pastikan Petugas Patuhi Protokol


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan meminta keterlibatan Ketua RT dalam hal mengawasi petugas saat lakukan sensus penduduk yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Menurutnya, sensus penduduk bakal dilaksanakan secara door to door oleh para petugas BPS pada September di tengah pandemi covid-19.

"Kami mengimbau para Ketua RT di seluruh penjuru Jakarta untuk bisa membantu para petugas survei agar bisa mengikuti protokol kesehatan," kata Anies dalam unggahan video di media sosial, Jakarta, Senin (31/8).

Adanya pengawasan dari Ketua RT tersebut, kata Anies, untuk memastika petugas survei mematuhi protokol dengan memakai masker saat lakukan sensus.

"Tetap jaga jarak, dan cuci tangan secara rutin. Semoga gelaran sensus penduduk 2020 ini sukses, berjalan lancar dan memberikan manfaat bagi semuanya," terang Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Baca juga : DPRD Sebut Pariwisata Munculkan Klaster Baru Covid-19

Anies juga meminta seluruh masyarakat di DKI Jakarta untuk menerima kedatangan para petugas dengan menjawab pertanyaan dengan benar.

"Agar data yang diperoleh bisa akurat, tepat, komprehensif, yang akhirnya bisa dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan dan keputusan-keputusan," pungkas Anies

Diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 54,1 juta penduduk terdaftar pada sensus penduduk yang dilaksanakan secara daring sejak 15 Februari 2020 hingga 29 Mei 2020.

"Jumlah ini sangatlah besar karena setara dengan hampir dua kali lipat penduduk Australia. Ini adalah sensus penduduk pertama yang dilakukan di Indonesia secara online," kata Kepala BPS Suhariyanto saat kick off Sensus Penduduk September 2020 secara virtual di Jakarta, Senin (31/8). (OL-2)

 

BERITA TERKAIT