28 August 2020, 10:43 WIB

Polda Metro akan Amankan Jalur Sepeda Tol


Tri Subarkah | Megapolitan

DIREKTORAT Lalu Lintas Polda Metro Jaya masih menunggu keputusan mengenai usulan jalur sepeda di tol lingkar dalam Jakarta. Menurut Dirlantas PMJ Kombes Sambodo Purnomo Yogo, pihaknya akan menyiapkan segi pengamanan apabila usulan tersebut disetujui.

"Kalau nanti misalnya disetujui, kita membuat kajian-kajian bagaimana pengamananya dan sebagainya," kata Sambodo saat dikonfirmasi, Jumat (28/8).

Sambodo mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PU-Pera. Saat ini, usulan tersebut telah diajukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Saat ini kan surat dari Pemda DKI sedang ditujukan ke Kementerian PUPR, kita tentu menunggu apa keputusan dari PUPR," ungkap Sambodo.

Baca juga: Anies Minta Jalur Sepeda di Tol, DPRD : Cari Jalur Lain!

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan mengusulkan agar ruas tol dalam kota dapat dimanfaatkan sebagai lintasan sepeda balap (road bike). Hal itu disebabkan tingginya animo masyarakat untuk bersepeda.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, hanya satu lajur tol yang diusulkan sebagai lajur sepeda.

"Kami, dari Pak Gubernur mengusulkan kepada Pak Menteri PUPR, untuk disiapkan satu ruas tol, tepatnya mulai di Kebon Nanas sampai dengan ke arah Priok satu sisi yang akan digunakan sebagai jalur sepeda sementara untuk sepeda road bike," ujar Syafrin.(OL-5)

BERITA TERKAIT