27 August 2020, 16:45 WIB

NasDem: Ngawur Anies Buat Jalur Sepeda di Tol


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Fraksi NasDem DKI Jakarta tidak setuju dengan Gubernur DKI Anies Baswedan yang bakal menyediakan jalur sepeda di jalan Tol Dalam Kota.

Menurut Anggota DPRD DKI dari NasDem Ahmad Lukman Jupiter, usulan tersebut bisa membahayakan keselamatan pengguna sepeda.

"Ngawur ini. Kalau tidak memperhitungkan faktor keselamatan berbahaya sekali. Bisa sangat fatal ketika terjadi kecelakaan," ungkap Jupiter, Kamis (27/8).

Dibandingkan jalan tol, menurut Jupiter, banyak ruas jalan di Jakarta yang dapat digunakan sebagai jalur sepeda pada Minggu pagi. Seperti misalnya, jalur di GBK Senayan yang bisa digunakan oleh pesepeda

Baca juga: Anies Minta Jalur Sepeda di Tol, DPRD : Cari Jalur Lain!

"Kini bayangin jika bersepeda di jalan tol, di mana truk tronton dan bus besar dan berbagai kendaraan dengan kecepatan 60 kilometer per jam lewat. Seberapa kencang hempasan angin dan bahayanya itu?" tukas Anggota Komisi C DPRD itu.

Jupiter juga menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melabrak aturan jika masih ngotot memperbolehkan jalur sepeda berada di ruas bebas hambatan.

Menurutnya, dalam pasal 53 Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan disebutkan bahwa jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

"Itu jelas melanggar UU, malah ditabrak. Usulan tersebut justru membahayakan keselamatan pengguna sepeda. Harus dikaji ulang," pungkas Jupiter. (OL-14)

BERITA TERKAIT