23 July 2020, 16:05 WIB

Anggaran Rp171 M untuk Sekolah Swasta Bakal Masuk APBD Perubahan


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani menuturkan rencana anggaran Rp171 miliar Pemprov DKI untuk bantuan siswa di sekolah swasta masuk dalam APBD Perubahan 2020.

"Iya pastinya (masuk) di APDB perubahan. Bulan depan pembahasannya," ungkap Zita, Kamis (23/7)

DPRD, kata Zita, mendukung rencana Gubernur Anies Baswedan untuk membantu siswa yang tidak mampu untuk bersekolah di swasta. Mereka yang menerima bantuan ialah yang terdata masuk dalam data penerima sosial selama PSBB di DKI. Ditargetkan ada 85.508 siswa yang akan menerima bantuan.

Baca juga: Lusa, Polisi Sampaikan Hasil Penyelidikan Kasus Kematian Yodi

"Kalau pembahasan anggaran ada di APBD perubahan. Untuk rapat komisi lebih ke pembahasan mekanisme penyaluran bantuan itu," jelas Zita.

Wakil Ketua Komisi E DPRD DKI Anggara Wicitra Sastroamidjojo mengatakan pihaknya segera memanggil Dinas Pendidikan (Disdik) DKI terkait mekanisme penyaluran bantuan siswa ke sekolah swasta.

"Dalam waktu dekat kita akan panggil. Kita akan cari tahu mekanismenya akan seperti apa. Siapa saja penerima manfaat yang bisa dibantu dan dengan skema seperti apanya akan dibahas bersama kami," tutur Anggota DPRD DKI dari Fraksi PSI.

Selain itu, Komisi E juga mendorong Disdik DKI untuk mencari solusi bagi peserta didik yang enggan melanjutkan sekolah karena tidak lolos atau terpental masuk ke sekolah negeri.

"Kami malah yang mendorong agar Disdik punya solusi untuk warga DKI yang mau melanjutkan pendidikan karena terpental dari sekolah negeri. Mengingat di tengah pandemi covid-19 ini sangat banyak keluarga yang tidak mempersiapkan dana darurat untuk pendidikan anaknya ke sekolah swasta," pungkas Anggara. (OL-14)

BERITA TERKAIT