22 July 2020, 05:40 WIB

Raperda Tata Ruang dan Zonasi Mulai Dibahas


Ssr/Put/J-3 | Megapolitan

BADAN Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta telah menyiapkan agenda pembahasan terkait dengan tata ruang dan zonasi Ibu Kota. Wakil Ketua Bapemperda DPRD DKI Dedi Supriadi mengatakan ada tiga rancangan peraturan daerah yang akan segera masuk pembahasan.

Ketiga raperda itu ialah raperda rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil, raperda rencana tata ruang wilayah (RTRW) 2030, serta raperda perubahan atas Perda No 1/2014 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi (RDTR dan Zonasi).

“Ketiga raperda tersebut saling terkait dan kami upayakan dibahas secara bersamaan,” ujar Dedi dalam keterangannya, kemarin.

Dari tiga raperda itu, terang dia, dua di antaranya sudah ada surat eksekutif ke DPRD untuk memulai pembahasan, yaitu raperda rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil serta raperda RDTR dan peraturan zonasi. Sementara itu, raperda RTRW 2030, proses penyusunannya ada di Bappeda DKI Jakarta.

Sebelumnya, pada 2017, Gubernur Anies Baswedan mencabut raperda Rancangan Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara (RTRKS Pantura) dan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K). (Ssr/Put/J-3)

BERITA TERKAIT