20 July 2020, 16:50 WIB

Anies Anggarkan Rp171 M untuk Bantu Siswa ke Sekolah Swasta


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

DPRD DKI Jakarta akan mengawasi anggaran yang bakal dikucurkan Gubernur Anies Baswedan perihal bantuan untuk siswa yang masuk ke sekolah swasta. Tak tanggung-tanggung anggaran itu mencapai Rp171 miliar.

"Wacana bantuan Rp171 M ini harus kita kawal. Jangan sampai tidak tepat sasaran. Ini baru rencana. Euforianya jangan berlebihan dulu," kata Wakil Ketua DPRD DKI Zita Anjani, Senin (20/7).

Diketahui sebanyak 85 ribu lebih siswa yang masuk ke sekolah swasta bakal ditanggung bayaran uang pangkalnya oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK dan terdata sebagai penerima bansos DKI.

Baca juga: Ini Serius, Masker Cuma di Leher Sanksi Denda Menanti

Namun, Zita mengaku sampai saat ini DKI belum ada pembicaraan resmi dengan DPRD terkait pengalokasian Rp171 miliar itu untuk bantuan siswa.

"Belum ada (pembicaraan). Saya baru tahu dari media. Saya dan kawan-kawan DPRD akan kawal rencana dana Rp171 M untuk sekolah swasta itu," ujar Zita.

Menurut Zita, seharusnya Anies bisa membayarkan penuh uang sekolah siswa yang tidak mampu tersebut untuk sekolah di swasta.

"Kita punya APBD puluhan triliun. Ini masuk di APBD Perubahan. Sumber paling aman dari BTT (Bantuan Tak Terduga). Maksimalkan juga program kerja sama dengan pihak swasta untuk biayai pendidikan siswa yang terkena dampak covid-19. Kalau kita mau, pasti bisa untuk itu," tandas Zita. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT