14 July 2020, 08:32 WIB

Penggemar Bike Sharing Bertambah, Stasiun Penyewaan Akan Ditambah


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

PROGRAM Bike Sharing yang menyediakan jasa sewa sepeda dalam jangka pendek di tengah kota Jakarta dipandang Dishub DKI diterima cukup antusias oleh warga. Saat ini, ada sembilan stasiun penyewaan yang tersebar di sembilan titik.

Ada 200 unit sepeda di tahap uji coba Bike Sharing yang rencananya akan berjalan selama satu bulan ini.

"Peminatnya alhamdulillah cukup banyak dan memang tujuan kita adalah Bike Sharing ingin menjadikan sepeda sebagai alat transportasi di last dan first mile warga sehari-hari setelah mereka menggunakan transportasi atau angkutan umum massal dalam pergerakannya. Pantauan kita sih cukup baik," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota, Senin (13/7).

Baca juga: BPTJ Minta Masyarakat Bijak Bertransportasi Saat Pandemi

Menurutnya, peningkatan itu bisa dipahami karena masyarakat mulai menggunakan sepeda sebagai angkutan lanjutan. Seperti, misalnya, adanya stasiun penyewaan di sekitar Bundaran HI dimanfaatkan oleh pengguna MRT Jakarta yang turun dari Stasiun Bundaran HI menuju tempat tujuan mereka.

"Ya sepedanya langsung digunakan. Jadi orang yang mungkin pakai angkutan lanjutan sekarang ada Bike Sharing khususnya di Jl Jenderal Sudirman dan Jl MH Thamrin mereka langsung pakai sepeda," jelas Syafrin.

Syafrin mengatakan evaluasi akan dilakukan secara berkala dan ia berencana menambah stasiun penyewaan jika antusiasme masyarakat terus meningkat.

"Kita tambah nanti di wilayah-wilayah juga," tukasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT