09 June 2020, 21:51 WIB

Polda Metro Perpanjang Dispensasi SIM Sampai Akhir Agustus


Tri Subarkah | Megapolitan

POLDA Metro Jaya memperpanjang masa dispensasi pelayanan SIM sampai akhir bulan Agustus 2020. Hal tersebut dinyatakan oleh Dirlantas PMJ Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

"Diperpanjang dari 2 Juni sampai 31 Agustus," kata Sambodo melalui keterangan tertulis, Selasa (9/6).

Diketahui, masa dispensasi tersebut hanya berlaku sampai tanggal 29 Mei saja. Adapun yang diberikan dispensasi adalah pemegang SIM yang habis masa berlakunya sejak tanggal 17 Maret-29 Mei 2020. Hal itu disebabkan pelayanan SIM yang tutup akibat pandemi covid-19.

Sebelum menetapkan perpanjangan dispensasi SIM, Sambodo mengatakan pihaknya melakukan perhitungan kapasitas produksi SIM harian.

"Kapasitas produksi SIM harian kita berapa, nanti kan bisa kita hitung, berapa hari untuk menyelesaikan itu," ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Hubungan Masyrakat PMJ Kombes Yusri Yunus mengatakan perpanjangan dispensasi tersebut diakibatkan melonjaknya jumlah pemohon.

"Dikeranekan panjangnya atau banyaknya antrean permohonan perpanjangan SIM," pungkas Yusri.

Selain Polda Metro Jaya, daerah lain yang memperpanjang masa dispensasi adalah Polda Kalimantan Timur, dan Polda Jawa Timur khusus untuk Polrestabes Surabaya.

Pelayanan SIM sendiri dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Masyarakat diminta untuk menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Adapun jadwal pelayanan SIM tersebut yakni Senin-Jumat pukul 08.00-13.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00 -12.00 WIB. (OL-4)

BERITA TERKAIT