27 May 2020, 00:35 WIB

Penyekatan Jalan Sukses Cegah Pemudik


MI | Megapolitan

JAJARAN Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menindak 40 ribu lebih kendaraan selama 30 hari pelaksanaan Operasi Ketupat Jaya 2020. Puluhan ribu kendaraan pemudik yang melintas di 18 titik penyekatan itu diminta untuk berputar arah.

Direktur Lalu Lintas PMJ Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan penyekatan ruas jalan yang dilakukan selama pelaksanaan operasi tersebut cukup berhasil. Itu terlihat dari menurunnya jumlah pemudik yang keluar melalui Gerbang Tol Cikampek dan Kalihurip.

PT Jasa Marga, sambung dia, juga menyebut terjadi penurunan sebanyak 80% volume kendaraan sejak H-7 hingga hari H Lebaran 2020 ketimbang tahun lalu. “Saya pikir ini menjadi salah satu bukti penyekatan yang dilakukan kepolisian cukup berhasil meredam animo masyarakat untuk mudik,” kata Sambodo, kemarin.

Lonjakan pemudik, terang dia, terjadi jelang hari Lebaran, Minggu (24/5). Ia mengaku banyak modus yang dilakukan pemudik untuk mengelabui petugas di lapangan. Misalnya, menumpang truk yang seolah-olah truk tersebut sedang mengangkut barang, menumpang bus dengan mematikan lampu dek ataupun bersembunyi di toilet, serta nekat menaiki kendaraan yang diderek.

Selain itu, pihak kepolisian juga menilang 671 kendaraan travel gelap yang membawa ribuan penumpang. Pengemudi travel ilegal ditindak berdasarkan Pasal 308 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kemarin, Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan Korps Bhayangkara memperpanjang masa kerja Operasi Ketupat 2020. Diketahui, operasi tersebut sudah dilaksanakan sejak Jumat (24/4) dan akan berakhir Sabtu (30/5).

Keputusan tersebut, terang Idham, diambil setelah pihaknya berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Pihak kepolisian ingin mengantisipasi kepadatan pada arus balik mudik Lebaran tahun ini.

“Saya sudah perintahkan Asops Kapolri dan Kakorlantas untuk melanjutkan selama tujuh hari sampai tanggal 7 (Juni) dengan operasi rutin yang ditingkatkan,” tutup Idham di Gedung NTMC, Jakarta. (Tri/J-3)

 

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT