26 May 2020, 14:40 WIB

Operasi Ketupat 2020 Diperpanjang Hingga 7 Juni


Tri Subarkah | Megapolitan

Kepolisian Republik Indonesia memperpanjang masa kerja Operasi Ketupat 2020. Diketahui, operasi tersebut sudah dilaksanakan sejak Jumat (24/4) lalu dan akan berakhir pada H+7 Hari Raya Idulfitri.

"Saya sudah memerintahkan kepada Asop Kaporli dan Kakorlantas untuk melanjutkan selama tujuh hari sampai tanggal 7 (Juni) dengan operasi rutin yang ditingkatkan," kata Kapolri Jenderal Idham Azis di Gedung NTMC, Jakarta, Selasa (26/5).

Menurut Idham, keputusan tersebut diambil setelah berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas percepatan penanganan covid-19. Terlebih, lanjutnya, pihaknya mengantisipasi kepadatan pada arus balik mudik Lebaran tahun ini.

"Memang operasi ini kita rencanakan sampai tanggal 30, tapi kan kita melihat situasi kondisi di lapangan. Dan saya berpikir kalau memang kondisi di lapangan masih terjadi penumpukan, ada arus balik yang kelihatannya besar ya nggak apa-apa operasi ini kita lanjutkan, kita tingkatkan," terang Idham.

Menurut Idham, itu saja sebenarnya pertimbangannya (memperpanjang Operasi Ketupat). "Syukur-syukur kalau nanti sampai tanggal 30 nanti semuanya sudah kembali landai dan normal," tandasnya.

Baca juga: Mal akan Buka 5 Juni, Warga Khawatir Jadi Cluster Baru Covid-19

Kedatangan Idham ke Gedung NTMC untuk mengecek langsung kesiapan anggotanya dalam menghadapi arus balik musim Lebaran. Rapat yang dihadiri Kakorlantas Irjen Istiono juga diikuti oleh jajaran Direktorat Lalu Lintas seluruh polda di Indonesia secara daring.

"Saya melihat kesiapan anggota Polri dalam rangka pengamanan arus balik sudah bagus dan saya sudah menyampaikan kepada mereka untuk betul-betul memberikan pelayanan yang terbaik pada seluruh masyarakat di dalam pengamanan arus balik itu, sehingga semuanya berjalan lancar," papar Idham.

Pada kesempatan tersebut, Idham juga mengapresiasi anggotanya, khususnya jajaran Direktorat Lalu Lintas kepolisian daerah yang telah bekerja menghalau kendaraan untuk mudik. Selain itu ia juga meminta kerja sama dari masyarakat untuk terus disiplin dalam situasi pandemi covid-19.

"Setidaknya dalam empat hal, yaitu bepergian pakai masker, physical distancing, cuci tangan, lalu pola hidup sehat. Kalau ini semua sudah dilakukan, inshaallah kita semua bisa kembali dari bencana pandemi covid-19," pungkas Idham. (OL-14)

BERITA TERKAIT