22 May 2020, 15:05 WIB

Jumlah Kendaraan Mudik Meningkat


Sri Utami | Megapolitan

Mendekati satu bulan penerapan larangan mudik dan operasi ketupat jumlah pengemudi kendaraan yang diperintahkan putar balik meningkat tajam.

Terhitung hingga hari ke-28 penerapan larangan mudik dan Operasi Ketupat 2020 aparat di berbagai daerah tercatat ada 61.999 kendaraan yang diperintahkan putar balik. Ribuan kendaraan tersebut mencoba untuk melanggar aturan larangan mudik telah dilakukan hampir satu bulan.

Kabag Ops Korlantas Polri Brigjen Benyamin mengatakan jumlah tersebut dari beberapa daerah, yakni Polda Lampung, Polda Jawa Tengah, Polda DIY Yogyakarta, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Timur, Polda Banten, dan Polda Metro Jaya.

Baca juga: Awas, Malam Ini Satpol PP Sweeping Besar-besaran di Jakarta

"Jika melihat grafiknya pada hari ke-28 berjumlah 5.684 kendaraan, sementara sehari sebelumnya ada 2.185 kendaraan," ujarnya, Jumat (22/5).

Dari jumlah keseluruhan Polda Metro Jaya paling masih yang paling banyak menjaring kendaraan yang nekat keluar kota tanpa izin, yaitu 25.437 kendaraan. Sedangkan posisi terbanyak kedua adalah di Jawa Timur, yakni 13.084 kendaraan.

"Pada hari jelang lebaran ini kendaraan yang paling banyak ditemukan adalah sepeda motor. Jumlahnya 1.018. Lalu, kendaraan pribadi 4.053 dan kendaraan umum 623," jelasnya.

Dalam melakukan penindakan, polda di berbagai daerah menerapkan penyitaan kendaraan yang melanggar aturan termasuk kendaraan umum tanpa izin. (OL-14)

BERITA TERKAIT