17 April 2020, 12:45 WIB

​​​​​​​Rawan Covid-19, Petugas TPST Bantargebang Dapat APD


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

PETUGAS di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi mendapatkan bantuan berupak paket alat pelindung diri (APD), yang terdiri dari baju hazmat, kaca mata pelindung, dan masker. Bantuan itu diberikan oleh Tunasmuda Care.

Kepala Dinas Lingkungan DKI Jakarta, Andono Warih menyampaikan apresiasinya atas kepedulian tersebut terhadap keselamatan petugas kebersihan.

"Kolaborasi menjadi kata kunci untuk mempercepat penanganan dan memutus wabah Covid-19," kata Andono dalam keterangan resminya, Jakarta, Jumat (17/4).

Ketua Tunasmuda Care Hendra Ikhwan menuturkan, selain pemberian APD, pihaknya juga pemberian sprayer disinfektan, cairan disinfeksi, dan hand sanitizer. Bantuan tersebut khusus disalurkan untuk petugas medis dan juga petugas kebersihan yang berpotensi tinggi tertular Covid-19.

“Petugas lapangan garda depan di TPST Bantargebang, yang langsung terpapar dengan sampah, punya potensi tinggi untuk tertular virus korona. Kami berinisiatif memberikan paket alat pelindung diri kepada pahlawan kebersihan yang selama ini berkerja melayani warga Jakarta,” kata Hendra.

Baca juga: Anies Ungkap Kebutuhan APD Meningkat Dua Kali Lipat

Menurut Hendra, belum disiplinnya warga Jakarta memilah sampah masker bekas dan masih ada sampah masker bekas yang tercampurnya ke dalam wadah sampah rumah tangga membuat petugas penanganan sampah beresiko tertular Covid-19.

“APD ini diperuntukan khusus untuk petugas terdepan yang berisiko tinggi,” pungkas Hendra.

Hendra juga menyarankan agar masyarakat mengikuti seruan pemerintah untuk mengunakan masker kain yang dapat dicuci dan dipakai berulang kali. Sedangkan masker medis, yang hanya dapat dipakai sekali, diproritaskan untuk tenaga kesehatan. (A-2)

 

 

BERITA TERKAIT