04 September 2019, 18:22 WIB

Anies Targetkan Semakin Banyak Pasar Buku di Jakarta


Putri Anisa Yuliani |

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan perdagangan buku harus diperbanyak dan diperluas di Jakarta. Ia pun menargetkan semakin banyak pasar buku berdiri di pasar-pasar yang dikelola oleh Pemprov DKI melalui Perumda Pasar Jaya.

Hal ini diungkapkan Anies saat menanggapi sepinya pasar buku yang terletak di lantai 3 Pasar Kenari, Salemba, Jakarta Pusat. Pasar tersebut diketahui telah diresmikan pada 29 April lalu, namun antusiasme pengunjung hanya tinggi sepekan setelah diresmikan.

Baca juga: Soal PKL di Trotoar, Gubernur Anies Minta Lihat New York

"Ya, itu harus kita dorong terus makanya harus lebih banyak. Jangan hanya satu karena sebetulnya kebutuhan atas buku ada dimana-mana. Kita harus lebih banyak menciptkan pasar yang sesuai dengan lokasi-lokasi permintaannya," kata Anies usai menghadiri Indonesia International Book Fair (IIBF) 2019 di JCC, Rabu (4/9).

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, sepinya Pasar Buku Kenari atau Jakbook disebabkan sebelumnya hanya sedikit lokasi sentra perdagangan buku. Oleh karenanya, permintaan pun terus menurun.

"Kalau pasar tidak ketemu antara permintaan dan penawaran maka akan turun itu. Itu asar pertama tapi bukan pasar terakhir justru harus lebih banyak lagi, nanti dari situ kita akan lihat," pungkasnya.

Anies juga telah menugaskan kepada Perumda Pasar Jaya untuk memperbanyak pasar tematik termasuk pasar khusus buku di pasar-pasar yang dikelola.

"Seperti juga pasar. Jumlah pasar kita ada lebih dari 130. Harusnya di semua tempat kita bangun tempat untuk buku," tandasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT