19 July 2019, 05:20 WIB

Masyarakat Kota belum Paham Solar Cell


mediaindonesia |

PENGGUNAAN solar cell sebagai optimalisasi energi matahari belum dipahami masyarakat. Selama ini, penggunaan solar cell baru diketahui sebatas untuk pemanas air.

"Padahal, bisa dioptimalkan menjadi sumber energi listrik untuk rumah. Tinggal menunggu regulasi dari pemerintah saja," ungkap Presiden Direktur PT Sky Energy Indonesia Tbk, Jackson Tandiono, kemarin.

Untuk Jakarta, memang masih terganjal regulasi jika menggunakan solar cell berikut baterai untuk sumber listrik rumah. Selama ini penggunaannya baru untuk penerangan jalan umum.

Namun, untuk luar Jawa atau daerah yang belum terjangkau listrik penggunaan solar cell untuk energi listrik sangat terbuka. Apalagi, dengan temuan teknologi modul surya inovatif yang diberi nama J-Leaf, J-Feather, dan J-Bifacial

Inovasi solar cell tersebut berbobot ringan dan berdaya maksimum lebih baik daripada yang konvensional. Hal itu memudahkan pemasangan untuk masyarakat kota besar.

"Energi matahari di Indonesia itu berlimpah. Genting rumah bisa diganti dengan solar cell. Tinggal menunggu regulasinya saja," tandasnya. (Ssr/J-3)

BERITA TERKAIT