27 June 2019, 12:55 WIB

Hari Ini, Peserta STQH Jakarta Berangkat ke Pontianak


M Iqbal Al Machmudi | Megapolitan

PESERTA Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) Nasional XXVII Tahun 2019 berangkat ke Pontianak, Kalimantan Barat, hari ini. Mereka dilepas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Lomba STQH sendiri dilaksanakan di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, berlangsung selama 7 hari mulai tanggal 29 Juni hingga 5 Juli.

"Kafilah Provinsi DKI Jakarta akan berangkat pada tanggal 27 Juni 2019 dan kembali pada tanggal 7 Juli 2019," kata Kepala Biro Pendidikan, Mental, dan Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta Hendra Hidayat saat agenda pelepasan Kafilah Provinsi DKI di Balaikota, Jakarta Pusat, Kamis (27/6).

Rencananya STQH Nasional XXV Tahun 2019 akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan Penutupan oleh Bapak Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang berlokasi di Alun-alun Kapuas.

Kafilah Provinsi DKI Jakarta yang berangkat terdiri dari 70 orang, di antaranya peserta inti sejumlah 20 orang peserta Putra dan Putri dan peserta cadangan sejumlah 9 orang dan didampingi pelatih.

"Selain itu para pelatih yang juga ikut diberangkatkan di antaranya pelatih pendamping sejumlah 9 orang, ofisial sejumlah 24 orang, dan pengarah atau pembina dan pengawas sebanyak 8 orang," ujar Hendra Hidayat.

Baca juga: Presiden Undang Syamsuri Juara MTQ Internasional ke Istana

Terdapat 4 cabang yang dilombakan pada event nasional tersebut di antaranya cabang Tilawah terdiri dari golongan anak-anak dan golongan Dewasa.

Cabang kedua yaitu Tahfidz Quran terdiri dari golongan 1 Juz dan Tilawah, Golongan 5 Juz dan Tilawah, Golongan 10 Juz, Golongan 20 Juz, dan Golongan 30 Juz.

Selanjutnya, cabang Tafsir yaitu tafsir bahasa Arab dan terakhir cabang Hadits yang terdiri dari Hadits 100 dengan Sanad dan hadits 500 tanpa Sanad.

"Kafilah Provinsi DKI Jakarta akan mengikuti semua cabang dan golongan dengan mengikutsertakan sebanyak 20 orang peserta inti yang sudah didaftarkan," jelas Hendra Hidayat.(OL-5)

BERITA TERKAIT