03 December 2018, 17:13 WIB

Diperintah Presiden, Bekasi Prioritaskan Pembangunan Fasilitas Disabilitas


Gana Buana | Megapolitan

PEMERINTAH Kota Bekasi akan memprioritaskan pembanguanan sekolah khusus dan fasilitas umum bagi penyandang disabilitas. Hal ini sesuai dengan mandat Presiden Joko Widodo dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional, di Kawasan Summarecon Kota Bekasi, Senin (3/12).

“Ini merupakan satu hal yang penting dan bisa didahulukan karena juga perintah dari Presiden RI,” ungkap Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, Senin (3/12).

Baca juga: Polisi Bongkar Kasus Penipuan Bermodus Pencarian Jodoh di Medsos

Menurut Rahmat, pembangunan fasilitas serta sekolah khusus bagi penyandang disabilitas akan memanfaatkan program coorporate social respondsibility (CSR) dari perusahaan yang ada di Kota Bekasi. Hal ini dilakukan agar perusahaan yang ada ikut andil membangun Kota Bekasi.

“Fasilitas bagi penyandang disabilitas pastinya sangat khusus, contoh toiletnya akan dibuat sesuai dengan disabilitas, berikut juga lainnya. Ini untuk tumbuh kembang anak penyandang disabilitas, tidak menutup kemungkinan kita buatkan untuk ukuran dewasa, seperti tempat kreatifitasnya,” kata dia.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi kiprah para penyandang disabilitas yang ada. Sejumlah figur disabilitas pun mampu membuka mata dunia dengan kemampuannya.

Jokowi mengaku sangat  terharu dan bangga atas beragam pencapaian yang diperoleh kaum disabilitas. Menurutnya, di tengah keterbatasan, mereka mampu mempersembahkan sesuatu yang luar biasa untuk Indonesia seperti para penyanyi cilik, pemain musik, paduan suara serta berbagai hasil prakarya yang di hasilkan di stand acara

“Kalau kita perhatikan ajang Asian Para Games kemarin, dari sisi prestasi atlet kita berhasil merekrut 37 emas, dan masuk peringkat kelima, sebelumnnya kita peringkat sembilan dengan perolehan sembilan medali emas. Ini luar biasa,” tukas dia. (OL-6)

BERITA TERKAIT