13 April 2017, 12:50 WIB

Asam Sulfat Dijual Bebas Rp25 Ribu Per Liter


Ilham Wibowo/MTVN |

CAIRAN asam sulfat atau H₂SO₄ yang dipakai untuk menyiram Novel Baswedan bisa dengan mudah didapatkan. Pembelinya cukup merogoh kocek Rp 25 ribi dalam kemasan botol satu liter di berbagai toko bahan kimia.

Asam sulfat tersebut mudah ditemukan seperti di kawasan pertokoan Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Senyawa yang tergolong asam mineral (anorganik) kuat itu dijual dalam kemasan botol tidak berlabel.

Asam sulfat adalah asam mineral yang kuat. Asam sulfat mempunyai banyak kegunaan dan merupakan salah satu produk utama industri kimia. Kegunaan utamanya termasuk pemrosesan bijih mineral, sintesis kimia, pemrosesan air limbah dan pengilangan minyak.

Baca juga: Novel Harap Kapolri Tuntaskan Kasus Penyiraman Air Keras

"Satu botol 25 ribu rupiah Mas," ujar salah seorang penjual, Jhon di Jakarta, Kamis (13/4).

Jhon mengakui cairan tersebut tidak 100%n asam sulfat. Ia merahasiakan resep komposisi cairan yang telah lama dipasarkan itu. Yang pasti, kata dia, cairan berbau menyengat itu ampuh melunturkan karat pada benda logam.

"Biar tidak terlalu bahaya, campur lagi dengan satu ember air. Semua karat dijamin hilang," ujarnya.

Kepada pelanggan baru, Jhon selalu mewanti-wanti tingkat bahaya dalam kandungan cairan yang condong berwarna kuning itu. Ia menyarankan, penggunanya mesti dilengkapi dengan sarung tangan.

"Hati-hati kalau kena kulit, langsung bilas saja pakai air," ujarnya.

Ahli kimia dari Universitas Muhammadiyah Jakarta Tri Yuni Hendrawati membenarkan cairan asam sulfat tersebut mudah ditemui di toko bahan kimia. Ia mengaku kerap membeli barang tersebut sebagai bahan penelitian di kampusnya.

Baca juga: Jenazah Khashoggi Diduga Dimusnahkan dengan Cairan Asam

Menurutnya, cairan tersebut punya segudang kegunaan yang bisa dimanfaatnya dalam dunia industri. Asam sulfat pun contohnya telah digunakan dalam baterai Akumulator. Cairan asam sulfat merupakan komponen utama dalam penyimpanan energi listrik.

Cairan yang dikenal masyarakat dengan air aki itu pun bisa didapat dengan mudah di setiap bengkel kendaraan dengan harga mulai Rp 6 ribu rupiah per botol.

"H2SO4 itu salah satunya ya air aki, tapi bisa dengan campuran lain, tergantung tingkat keasamannga," ujarnya.

Yuni mengatakan, asam sulfat dikatakan air keras lantaran sifatnya yang korosif. Selain itu, asam sulfat juga bisa membuat iritasi pada kulit.

"Menurut saya pemanfaatan bahan kimia itu tergantung niat sesorang, kalau niat jahat ya bahan kimia itu jadi jahat," ujarnya.

Baca juga: 6 Terluka akibat Serangan Zat Asam

Novel Baswedan terkena siraman air keras usai menunaikan salat Subuh di masjid di dekat kediamannya di Kepala Gading, Selasa 11 April 2017. Novel langsung dilarikan ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Kepala Gading.

Keesokan harinya, Novel dipindahkan ke rumah sakit di Singapura. Novel dibawa keluar dari Rumah Sakit Jakarta Eye Center Menteng, Jakarta Pusat, menuju Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 09.00 WIB. Perban masih menempel di wajah Kepala Satuan Tugas kasus KTP-el itu.

Diduga pelaku penyiraman berjumlah dua orang dengan mengendarai sepeda motor lengkap dengan helm. (OL-5)

BERITA TERKAIT