25 January 2023, 20:35 WIB

Dua Relawan Inggris Dipastikan Tewas di Ukraina Timur


Ferdian Ananda Majni |

Dua relawan Inggris yang dilaporkan hilang di Ukraina Timur telah terbunuh ketika mereka berusaha melakukan evakuasi kemanusiaan dari Soledar.

Andrew Bagshaw, 48, dan Christopher Parry, 28, hilang pada awal bulan ini ketika sedang menuju Soledar, sebuah kota pertambangan garam di mana pasukan Rusia dan Ukraina sedang bertempur dalam pertempuran sengit untuk memperebutkan wilayah tersebut.

Keluarga Parry mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan yang dirilis melalui Kementerian Luar Negeri Inggris bahwa keduanya telah terbunuh.

"Dengan sangat sedih kami harus mengumumkan bahwa Chrissy yang kami cintai telah terbunuh bersama dengan rekannya Andrew Bagshaw ketika mencoba melakukan evakuasi kemanusiaan dari Soledar, Ukraina Timur," kata pernyataan itu, yang dirilis pada Selasa (24/1).

Polisi Ukraina mengatakan pada tanggal 9 Januari bahwa mereka telah kehilangan kontak dengan Bagshaw dan Perry setelah kedua orang tersebut meninggalkan Kramatorsk menuju Soledar pada tanggal 6 Januari.

Sky News melaporkan keluarga Bagshaw mengatakan bahwa kedua orang itu tewas ketika mencoba menyelamatkan seorang wanita tua.

Pernyataan tersebut tidak memberikan rincian tentang keadaan kematian kedua pria itu, dan menambahkan bahwa Parry mendapati dirinya tertarik ke Ukraina pada bulan Maret di saat-saat tergelap di awal invasi Rusia dan membantu mereka yang paling membutuhkan, menyelamatkan lebih dari 400 nyawa ditambah banyak hewan yang terlantar.

Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan bahwa mereka mendukung keluarga tersebut. Bagshaw juga berkewarganegaraan Selandia Baru, tempat ia tinggal saat melakukan perjalanan ke Ukraina. (Aljazeera/OL-12)

BERITA TERKAIT