25 January 2023, 19:58 WIB

Capai Banyak Kesepakatan Dagang, Media Arab Saudi Soroti Positif Kunjungan Zulhas


Mediaindonesia.com |

MISI dagang yang dilakukan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) ke Arab Saudi tidak saja sukses memboyong kesepakatan dagang senilai Rp2,3 triliun, namun juga mendapatkan coverage pemberitaan yang luas dari media asing di negara tersebut.

Dilansir dalam situs AlJazirahonline.com edisi Senin (23/1), media tersebut menulis pertemuan Zulhas dengan CEO Otoritas Makanan dan Obat-obatan Saudi (SFDA) Dr Hisham bin Saad Aljadhai di kantornya.

Selanjutnya, media Almadina.com juga memberitakan pertemuan itu. Media tersebut membahas megenai mekanisme pengakuan sertifikat halal antara kedua belah pihak.

Tak hanya itu, Saudi Press Agency (SPA) juga memberitakan hal sama yakni pertemuan Zulhas dengan Federasi Kamar Dagang Saudi dalam Forum Bisnis Saudi-Indonesia, termasuk penandatanganan 8 perjanjian perdagangan antara perusahaan Saudi dan Indonesia di bidang industri makanan, barang konsumsi, ekspor dan impor.

"Sejumlah perusahaan Indonesia mengumumkan keinginan mereka untuk memasuki pasar Saudi dan memanfaatkan peluang investasi yang menjanjikan dalam Visi Kerajaan 2030," tulis Saudi Press Agency (SPA) pada Senin (23/1) waktu setempat.

Media alriyadh.com juga membahas pertemuan Zulhas dengan Sekretaris Jenderal Dewan Kerja Sama Teluk Dr. Nayef Falah Mubarak Al-Hajraf. Selama pertemuan tersebut, sejumlah topik dibahas terutama bidang ekonomi.

Baca juga : Bakal Perkuat Hubungan Dagang dengan RI, Mendag Arab Saudi Anggap Zulhas Seperti Saudara Sendiri

Terkait pemberitaan tersebut, Zulhas sendiri menyatakan kegembiraannya dengan perhatian media Arab Saudi atas kunjungan misi dagangnya.

"Alhamdulillah. Apakah memang pers Arab juga memberi tempat pemberitaan ke pejabat setingkat menteri, seperti kunjungan ini," ungkap Zulhas.

Bahkan Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di Jeddah, Muhammad Rivai Abbas memuji langkah Zulkifli Hasan dalam kunjungannya kali ini.

"Selama saya bertugas di Jeddah, pemberitaan media Arab tidak sebesar kali ini," tambah Rivai.

Misi dagang Indonesia ke Arab Saudi yang dipimpin langsung Zulhas, belangsung sukses. Bahkan menjadi topik pemberitaan di negara padang pasir tersebut. 

Langkah ini menjadi babak baru, hubungan perdagangan Indonesia- Arab Saudi menjadi lebih baik dan membuktikan kepada bahwa Indonesia memiliki pegaruh yang besar di mata dunia. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT