25 January 2023, 19:33 WIB

India dan Pakistan Nyaris Terlibat Perang Nuklir Tahun 2019


Ferdian Ananda Majni |

Mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan India dan Pakistan nyaris terlibat perang nuklir pada tahun 2019. Namun intervensi Washington mencegah eskalasi tersebut.

Hal ini terjadi pada bulan Februari 2019 setelah New Delhi melanggar preseden dengan meluncurkan serangan udara di dalam wilayah Pakistan setelah menyalahkan kelompok bersenjata di sana atas serangan bom bunuh diri yang menewaskan 41 tentara paramiliter India di wilayah Kashmir yang menjadi titik rawan. Sebagai tanggapan atas serangan tersebut, Islamabad menembak jatuh sebuah pesawat tempur India dan menangkap pilotnya.

"Saya rasa dunia tidak mengetahui dengan baik seberapa dekat persaingan India-Pakistan yang hampir saja meluas menjadi konflik nuklir pada bulan Februari 2019," klaim Pompeo dalam Never Give an Inch, sebuah memoar yang diterbitkan pada hari Selasa mengenai masa-masa ketika ia menjadi diplomat tertinggi Donald Trump dan sebelumnya sebagai kepala CIA.

Pompeo, yang berada di Hanoi, Vietnam, untuk menghadiri pertemuan puncak antara Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, mengatakan bahwa ia terbangun untuk berbicara dengan mitranya dari India saat itu, Sushma Swaraj.

"Dia percaya bahwa Pakistan telah mulai mempersiapkan senjata nuklir mereka untuk melakukan serangan. India, dia memberi tahu saya, sedang mempertimbangkan eskalasinya sendiri," tulis Pompeo.

"Saya memintanya untuk tidak melakukan apa pun dan memberi kami waktu untuk menyelesaikan masalah ini," kata Pompeo.

Pompeo menyatakan bahwa dia segera mulai bekerja sama dengan Penasihat Keamanan Nasional saat itu, John Bolton, yang juga berada di Hanoi dan berbicara dengan pemimpin Pakistan yang sebenarnya, Panglima Angkatan Bersenjata Pakistan saat itu, Jenderal Qamar Javed Bajwa. "Seperti yang bisa diduga, dia percaya bahwa India sedang mempersiapkan senjata nuklir mereka untuk digunakan. Kami membutuhkan waktu beberapa jam - dan kerja keras tim kami di lapangan di New Delhi dan Islamabad - untuk meyakinkan masing-masing pihak bahwa pihak lain tidak sedang mempersiapkan perang nuklir," tambahnya.

"Tidak ada negara lain yang dapat melakukan apa yang kami lakukan malam itu untuk menghindari hasil yang mengerikan," tulis Pompeo.

Pakistan dan India adalah dua dari beberapa negara yang memiliki senjata nuklir. (Aljazeera/OL-12)

BERITA TERKAIT