25 January 2023, 09:05 WIB

Dokumen Rahasia Juga Tercecer di Kantor Mike Pence


Cahya Mulyana |

Amerika Serikat (AS) terus digemparkan penemuan dokumen rahasia milik negara. Kini sejumlah kertas yang memuat data penting itu ditemukan di kediaman mantan Wakil Presiden AS Mike Pence.

Ia mengungkapkan temuan itu pada Selasa (24/1). Pence mengaku telah menemukan dokumen yang ditandai sebagai rahasia di rumahnya.

Skandal ini menimpa hampir semua mantan pemimpin AS termasuk yang kini masih menjabat, Presiden Joe Biden. Pence, yang dipandang sebagai sosok yang akan diusung menjadi calon presiden pada 2024.

Dia meminta pengacaranya melaporkan temuan itu pada Arsip Nasional. Ia mengaku dokumen itu tidak sengaja dimasukkan ke dalam kotak saat pindah dari rumah dinas ke kediaman pribadi di Indiana pada 2021.

Dia memberi tahu komite pengawasan DPR yang dipimpin Partai Republik. Kuasa Hukumnya, James Comer mengatakan bahwa Pence telah setuju untuk sepenuhnya bekerja sama dengan pengawasan kongres dan mengungkap temuan tersebut.

Namun dia tidak menjelaskan dokumen yang terkandung dalam berkas rahasia tersebut. Sebelumnya temuan serupa terdapat di kantor dan kediaman pribadi Presiden Joe Biden.

Sebelumnya eks Presiden Donald Trump juga terlilit kasus serupa. "Transparansi mantan wakil presiden Pence sangat kontras dengan staf Gedung Putih Biden yang terus menyembunyikan informasi dari Kongres dan rakyat Amerika," tambah Comer, tanpa menyebut kasus Trump. (AFP/OL-12)

BERITA TERKAIT