08 December 2022, 10:50 WIB

Putin: Rusia Enggan Pakai Senjata Nuklir, kecuali Terdesak


Cahya Mulyana |

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin mengatakan ancaman perang nuklir meningkat. Tetapi dia menegaskan Moskow belum gila sehingga enggan menggunakan persenjataan itu, kecuali terdesak.

"Kami belum gila, kami menyadari apa itu senjata nuklir. Kami memiliki sarana ini dalam bentuk yang lebih maju dan modern daripada negara nuklir lainnya. Tapi kami tidak akan berkeliling dunia sambil mengacungkan senjata ini seperti pisau cukur," paparnya dalam pertemuan dengan Dewan Hak Asasi Manusia Rusia yang disiarkan televisi, Rabu (7/12).

Putin mengatakan Rusia akan membela diri dengan segala cara terhadap semua yang dimiliki. Dia jiga memperingatkan risiko perang nuklir meningkat.

Menurut dia, Rusia melihat persenjataannya sebagai sarana untuk membalas, bukan untuk menyerang lebih dulu. Putin bertemu setiap tahun dengan dewan tersebut.

Amerika Serikat (AS) mengecam pernyataan Putin tersebut. Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan Putin tidak pantas mengumbar penggunaan senjata nuklir.

"Saya pikir pembicaraan bebas tentang senjata nuklir sama sekali tidak bertanggung jawab," jelasnya.

AS sebelumnya telah memperingatkan Moskow tentang penggunaan senjata nuklir menyusul ancaman nuklir terselubung oleh Putin pada September. (Aljazeera/OL-13)

Baca Juga: Sekjen PBB Ingatkan Dunia tidak Permainkan Senjata Nuklir

BERITA TERKAIT