07 December 2022, 13:20 WIB

Taiwan Bantah Dalangi Protes di Tiongkok


Cahya Mulyana |

TAIWAN mendukung demonstrasi anti-covid-19 tetapi juga menyatakan keprihatinan terhadap kebijakan Tiongkok.

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan Taiwan mendukung negara demokrasi lainnya dalam menyerukan Tiongkok untuk menghormati hak asasi manusia.

“Ketika mata pencaharian masyarakat dibatasi atau kehidupan masyarakat dibuat tidak nyaman karena kebijakan pemerintah, saya pikir adalah hak masyarakat untuk berdiri dan mengatakan mereka menuntut beberapa hak dasar,” kata Wu.

"Kebebasan berekspresi, kebebasan berbicara adalah hak dasar, dan kami tentu berharap pemerintah Tiongkok akan memperhatikan hak dasar semacam itu," imbuhnya.

Namun, Wu mengatakan Taiwan telah memperhatikan aksi unjuk rasa untuk melihat perkembangannya.

“Kami selalu khawatir pemerintah Tiongkok mungkin mencoba menciptakan krisis eksternal untuk mengalihkan perhatian dalam negeri,” ucap Wu.

Baca juga: Tiongkok Longgarkan Pembatasan dalam Pergeseran Kebijakan Covid-19

Dia mengaku khawatir pemerintah Tiongkok akan membidik Taiwan dengan menuduh sebagai penyebab kerusuhan. Ketika pemerintah Tiongkok bersedia memoderasi beberapa kebijakan akan membuat rakyatnya bebas.

“Jadi di masa depan, akan lebih banyak demonstrasi di antara orang-orang Tiongkok karena mereka berpikir bahwa ketika ada keluhan besar, ini mungkin cara yang sangat efektif untuk mengubah kebijakan pemerintah,” paparnya.

Pekan lalu terlihat beberapa penyebutan khusus tentang Taiwan di tengah klaim keterlibatan asing dalam protes Tiongkok, tetapi tidak satu pun dari suara resmi Tiongkok.(The Guardian/OL-5)

BERITA TERKAIT