06 December 2022, 09:30 WIB

Usai Pemilihan Ulang, Demokrat Kuasai Senat AS


Cahya Mulyana |

Partai Demokrat akan tetap mengendalikan Senat Amerika Serikat (AS) tahun depan. Kepastian itu muncul setelah Senator Demokrat Catherine Cortez Masto memenangkan pemilihan ulang di Nevada.

Masto mengalahkan penantang dari Partai Republik sekaligus mantan jaksa agung negara bagian yang didukung oleh mantan Presiden Donald Trump, Adam Laxalt. Dengan kemenangan Masto dan sebelumnya Mark Kelly juga meraih hasil serupa di Arizona maka Demokrat akan menguasai 50 kursi Senat.

Sementara Republik baru mendapatkan 49 kursi. Demokrat harus menunggu hasil pemilihan ulang pada Selasa (6/12) lewat Raphael Warnock yang bertarung di Georgia melawan Herschel Walker.

Jika Raphael menang, maka Demokrat dipastikan mendominasi Senat AS denga 51 kursi. Partai besutan Presiden Joe Biden itu pun akan dengan mudah meloloskan sejumlah undang-undang yang pelantikannya akan dilakukan 3 Januari.

Mengenai nasib Dewan Perwakilan Rakyat AS untuk sementara dikuasai Republik dengan perolehan 221 kursi berbanding 213 dengan Demokrat. Republik terus memiliki keunggulan, tetapi Demokrat masih memiliki peluang untuk menguasai lembaga dengan total 435 kursi itu. (AFP/OL-12)

BERITA TERKAIT