01 December 2022, 21:44 WIB

Indonesia Terbukti Jadi Penggerak Semangat Kolaborasi


Gana Buana |

INDONESIA telah terbukti berhasil menjadi penggerak dalam semangat presidensi G20. Bahkan, di tengah krisis global Indonesia telah membangkitkan semangat kolaborasi di antara negara anggota G20.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan, semangat kolaborasi telah menjadi sejarah Indonesia. Hal ini telah tercetus dalam pidato Konfrensi Asia Afrika Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

“Pada 1960 pidato Presiden Soekarno mengejutkan dunia, Ia menggaris bawahi tentang semangat kolaborasi akan menyelesaikan masalah yang ada,” ungkap Retno dalam Public Lecture UIII belum lama ini.

Sebelum acara presidensi G20 ini, banyak mata memandang pesimistis pada Indonesia. Namun, Indonesia berhasil mendelegasikan narasi kebersamaan.

Dalam acara ini, ada dua hal yang digarisbawahi. Pertama, memastikan kesetaraan dalam pemerintaah global. Indonesia menunjukan bahwa negara berkembang membangun world township. Kedua, dalam presidensi G20 memastikan bahwa hasilnya tidak terbatas ada narasi namun tindakan nyata.

“Untuk pertama kalinya juga dalam presidensi T20 menghasikan proyek-proyek yang bermanfaat bagi negara-negara berkembang. Setidaknya itu ada dalam deklarasi 361 proyek senilai USD 300 miliar,” jelas Retno.

Selain itu, Indonesia juga telah menampakan DNA sebagai jembatan pembangun untuk mencari titik temu mempertahankan perbedaan. Sehingga, pelajar Indonesia dapat bangga terhadap prestasi ini.

“Anggota G20 menjaga untuk membangun kerjasama yang kuat antar negata anggota,” tandas dia. (OL-8)

BERITA TERKAIT