26 November 2022, 13:41 WIB

Indonesia Siap Nahkodai ASEAN Maju dan Damai


Cahya Mulyana |

SUKSES memegang Presidensi G20 tahun ini akan dilanjutkan dengan Indonesia menjadi Ketua ASEAN 2023. Indonesia akan berusaha membangun kawasan ini menjadi lebih baik.

"Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan. Indonesia juga ingin kawasan Asia Tenggara tetap menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, epicentrum of growth," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pidatonya di Congress Indonesia Foreign Policy (CIFP) 2022 di Jakarta, Sabtu (26/11).

Ia mengatakan tujuan itu sarat dengan tantangan serius. Modal besar dan kekuatan ASEAN harus digunakan secara maksimal supaya mampu melewati tantangan regional dan dunia.

"Secara internal, situasi di Myanmar juga menghadirkan tantangan tersendiri bagi ASEAN," imbuhnya.

Baca juga: Prabowo: Negara ASEAN Punya Tugas Besar Jaga Perdamaian

Ia menegaskan, pertumbuhan ekonomi selalu menjadi sejarah dari ASEAN. Retno untuk kali pertama mengungkapkan tema keketuaan Indonesia di ASEAN.

"Oleh karena itu, keketuaan Indonesia akan mengambil tema, ASEAN Matters: Epicentrum of Growth,'" ungkapnya.

Tahun depan, Retno berharap keketuaan Indonesia di ASEAN dapat sebaik Presidensi G20 tahun ini. Indonesia telah menerima penyerahan keketuaan ASEAN dari Kamboja di awal November ini dalam KTT ASEAN. Keketuaan Indonesia di ASEAN akan dimulai sejak Januari 2023.(OL-5)

BERITA TERKAIT