18 October 2022, 16:13 WIB

Zelensky Bakal Pidato di Pameran Buku Frankfurt


Cahya Mulyana |

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky akan berpidato pada pameran buku Frankfurt Kamis (20/10). Kesempatan itu diberikan penyelenggara sebagai bagian dari dukungan untuk melawan invasi Rusia.

Zelensky akan menyampaikan pidatonya melalui tautan video. Gelaran selama lima hari ini menarik puluhan ribu pengunjung dari seluruh dunia dan ratusan peserta pameran.

Istrinya, Olena Zelenska, juga akan mendapatkan kesempatan untuk memberikan sambutan di acara ini. "Pameran telah mempertahankan hubungan dekat dengan industri buku Ukraina selama bertahun-tahun", kata Direktur Acara Pameran Buku Frankfurt, Juergen Boos.

Ia mendukung penuh sastrawan dan penulis asal Ukraina. Para penulis Ukraina secara tidak langsung melawan invasi Rusia dengan karya mereka.

"Mereka menahan serangan Rusia," jelasnya.

Acara ini sempat terhenti dua tahun selama pandemi covid-19. Pameran ini akan menampilkan karya penulis asal Ukraina, Zhadan. Selain penulis, dia juga penerjemah dan musisi, dan sastrawan ulung.

Penulis, yang telah menghentikan karir menulisnya karena ia berfokus pada bantuan kemanusiaan dan mendukung tentara Ukraina, akan membaca puisinya di pameran. Leonid Volkov, sekutu utama kritikus Kremlin yang dipenjara Alexei Navalny, dan Irina Scherbakova, seorang aktivis dari kelompok hak asasi terkemuka Memorial, akan membahas keadaan oposisi Rusia.

Penulis fiksi ilmiah populer Rusia Dmitry Glukhovsky yang baru-baru ini dicap sebagai agen asing oleh Moskow dan dimasukkan dalam daftar orang yang dicari setelah mencela perang di Ukraina juga akan mengisi acara.

Nama-nama besar lainnya yang akan memeriahkan gelaran itu seperti pemenang Hadiah Nobel Sastra 2021,Abdulrazak Gurnah dari Tanzania dan penulis Inggris-Pakistan, Mohsin Hamid, aktris kelahiran Jerman, Diane Kruger dan penulis fiksi kriminal Amerika, Donna Leon.

Penulis asal Spanyol menjadi tamu kehormatan pada gelaran yang akan dibuka Raja Spanyol Felipe VI dan istrinya Ratu Letizia, serta Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier.

Acara besar untuk para penulis ini dimulai pada abad pertengahan. Dengan pameran pertama berlangsung tak lama setelah mesin cetak Gutenberg ditemukan di dekat Mainz pada 1436. (AFP/OL-12)

BERITA TERKAIT