04 October 2022, 08:57 WIB

Lagi, Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik


Cahya Mulyana |

KOREA Utara (Korut) meluncurkan sebuah rudal balistik dari wilayah lepas pantai timur pada Selasa, (4/10). Kabar disampaikan Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) dan penjaga pantai Jepang.

Pemerintah Jepang memperingatkan warganya untuk berlindung di saat rudal melintas di atas langit Aomori. Rudal itu kemudian mendarat di Samudra Pasifik.

Ini merupakan peluncuran rudal kelima yang dilakukan Korut dalam 10 hari terakhir. Peluncuran dilakukan setelah pekan kemarin Amerika Serikat, Korsel dan Jepang menggelar latihan trilateral anti-kapal selam.

Rentetan peluncuran rudal ini juga dilakukan di tengah kekhawatiran bahwa Korut akan melakukan uji coba nuklir.

Baca juga: Tanggapi Kunjungan Harris ke DMZ, Korut Tembakkan Dua Rudal Balistik

Sebelumnya, dua anggota parlemen Korsel meyakini bahwa negara tetangganya itu akan melakukan tes nuklir pada 16 Oktober dan 7 November mendatang.

"Persiapan untuk kemungkinan uji coba nuklir oleh Korut, yang akan menjadi kali pertama sejak 2017, telah diselesaikan di lokasi Punggye-ri di mana negara tertutup itu melakukan enam uji coba bawah tanah dari tahun 2006 dan seterusnya," kata dua legislator Korsel, beberapa hari lalu. (MalayMail/Cah/OL-09)

BERITA TERKAIT