03 October 2022, 10:52 WIB

Putin Minta Kyiv Kembali ke Meja Perundingan


Cahya Mulyana |

PRESIDEN Rusia Vladimir Putin meminta Ukraina kembali ke meja perundingan untuk mengakhiri perang. Dia berjanji akan melindungi empat wilayah yang rakyatnya memilih berpaspor.

"Masyarakat sudah menentukan pilihan, pilihan tegas ini adalah kehendak jutaan orang," kata Putin dalam pidato kemenangan atas empat wilayah Ukraina.

Dia juga mengatakan empat wilayah Ukraina yakni Lugansk, Donetsk, Kherson dan Zaporizhzhia yang telah melakukan referendum sudah menjadi bagian Rusia. Itu mengacu pada suara mayoritas dari referendum pekan lalu.

"Saya ingin mengatakan ini kepada rezim Kyiv dan penguasanya di Barat bahwa orang-orang yang tinggal di Lugansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia menjadi warga negara kita selamanya," paparnya.

Dia pun mendesak Kyiv untuk menghentikan semua aksi militer di Ukraina.

"Kami menyerukan kepada rezim Kyiv untuk segera menghentikan pertempuran dan menghentikan semua permusuhan dan kembali ke meja perundingan," jelasnya.

Baca juga: Putin Caplok Wilayah Ukraina, Zelensky Bersumpah Beri Perlawanan

Putin mengatakan kemenangan Rusia di empat wilayah itu tidak dalam rangka mengembalikan wilayah Uni Soviet.

"Sebab Uni Soviet tidak ada lagi. Kami tidak dapat mengembalikan masa lalu dan Rusia tidak membutuhkannya lagi. Kami tidak berjuang untuk itu," pungkasnya.(The Guardian/OL-5)

BERITA TERKAIT