26 September 2022, 17:08 WIB

PM Spanyol Pedro Sanchez Terpapar Covid-19


Cahya Mulyana |

PERDANA Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez dinyatakan terpapar covid-19 sejak Minggu (25/9). Namun, Sanchez tetap menjalankan tugasnya selama masa penyembuhan.

"Pagi ini, saya telah dinyatakan positif covid-19," kata Sanchez.

Meski tidak dapat membantu acara Partai Sosialis Spanyol di dekat wilayah Barcelona, dirinya siap bekerja sembari mengambil tindakan pencegahan maksimal.

Baca juga: Ditutup Dua Tahun, Spanyol-Maroko Buka Kembali Perbatasan Darat

Kabar positif covid-19 muncul di tengah upaya Sanchez menggelar kampanye vaksinasi covid-19 dosis keempat atau booster kedua. Adapun program tersebut menyasar warga berusia di atas 60 tahun, petugas kesehatan dan penghuni panti jompo.

Skema pemberian booster kedua di Spanyol akan menggunakan vaksin yang dimodifikasi. Dalam hal ini, untuk menawarkan perlindungan terhadap varian baru covid-19.

Adapun kampanye vaksinasi terbaru digencarkan, setelah Kementerian Kesehatan Spanyol melaporkan lonjakan kasus covid-19 dalam 14 hari terakhir di kalangan warga lansia.

Baca juga: Polisi Prancis Bubarkan Demonstran Iran di Paris dengan Gas Air Mata

Kasus harian covid-19 di Spanyol dilaporkan meningkat dari 129 orang per 100.000 penduduk, kemudian menjadi 136 kasus per 100.000 penduduk. Itu berdasarkan data kementerian pada Jumat waktu setempat.

Sementara itu, tingkat keterisian tempat tidur pasien covid-19 di Spanyol mengalami penurunan, yakni menjadi 129, atau sekitar 1,5% dari total ranjang ICU di semua rumah sakit.(Xinhua/OL-11)

BERITA TERKAIT