22 September 2022, 13:30 WIB

ESA Umumkan Kandidat Astronaut yang akan Berjalan di Bulan


Basuki Eka Purnama |

BADAN Luar Angkasa Eropa (ESA), Rabu (21/9), mengumumkan tujuh astronaut yang akan berlatih untuk misi ke Bulan NASA, Artemis, namun hanya satu dari mereka yang akan menjadi orang Eropa pertama yang menginjakan kaki di permukaan satelit Bumi itu.

Para kandidat itu adalah Thomas Pesquet (Prancis), Tim Peake (Inggris, Alexander Gerst dan Matthias Maurer (Jerman, Luca Parmitano dan Samantha Cristoforetti (Italia), serta Andreas Mogensen (Denmark).

Ketujuh astronaut itu setidaknya telah melakukan satu misi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Baca juga: Di Tengah Perang Ukraina, Astonaut AS dan Kosmonaut Bertolak ke ISS

Sebanyak tiga astronaut akan dipilih untuk pergi ke Lunar Gateway, stasiun luar angkasa yang rencananya akan ditempatkan di orbit Bulan.

Namun, hanya ada satu orang yang akan menginjakan kaki di Bulan, dan ESA akan memilihnya dari tujuh kandidat itu.

"Kami semua adalah kandidat dan yang terpenting adalah pergi ke sana sebagai tim," ujar Pesquet dalam sebuah acara di Paris.

"Lihat, kami semua mengenakan kaos yang sama," lanjutnya, memperlihatkan bahwa dirinya Gerst, Maurer, dan Parmitano mengenakan kaos berwarna biru muda bertuliskan ESA dan logo Artemis.

Cristoforetti bergabung dalam acara itu lewat sambungan video dari luar angkasa karena dia tengah berada di ISS setelah menjadi perempuan pertama yang melakukan spacewalk, Juli lalu.

Adapun Mogensen juga bergabung melalui sambungan video karena tengah mempersiapkan diri untuk bertolak ke ISS. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT