22 September 2022, 06:10 WIB

Zelensky Minta PBB Hukum Rusia


Basuki Eka Purnama, Cahya Mulyana |

PRESIDEN Ukraina Volodymyr Zelensky, Rabu (21/9), mendesak PBB untuk menghukum Rusia atas invasi mereka, meminta dibentuknya pengadilan khusus, menuntut ganti rugi dari Rusia, dan mendesak agar hak veto Moskow di Dewan Keamanan PBB dicabut.

"Kejahatan telah dilakukan tehadap Ukraina dan kami menuntut hukuman yang setimpat," ujar Zelensky, satu-satunya pemimpin dunia yang diizinkan berpidato melalui sambungan video di sidang Majelis Umum PBB.

Mengenakan kaos militer hijau, yang menjadi ciri khasnya sejak Rusia melancarkan invasi ke Ukraina, Zelensky, mengatakan bahwa Rusia telah melanggar nilai-nilai PBB.

Baca juga: Sekjen PBB Sebut Dunia dalam Bahaya

Zelensky kemudian mendesak PBB membentuk pengadilan khusus untuk kejahatan yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina dan untuk memastikan Moskow bertanggung jawab atas aksi mereka.

Dia kemudian juga meminta agar Rusia memberikan ganti rugi kepada Ukraina atas kerusakan yang terjadi selama invasi itu.

Zelensky juga menyerukan agar PBB mencabut hak veto Rusia di Dewan Keamanan  PBB. Hal itu, kata Zelensky, kursi anggota tetap Dewan Keamanan itu adlaah milik Uni Soviet, bukan Rusia. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT