07 September 2022, 21:08 WIB

Bela Albania, AS Peringatkan Iran Ada Tindakan Lebih Lanjut


Mediaindonesia.com |

GEDUNG Putih pada Rabu (7/9) memperingatkan tindakan lebih lanjut terhadap Iran karena mengutuk yang disebutnya sebagai serangan siber belum pernah terjadi sebelumnya terhadap sekutu AS, Albania.

"Amerika Serikat mengutuk keras serangan siber Iran terhadap sekutu NATO kami, Albania," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Adrienne Watson dalam pernyataan. Ia menambahkan bahwa Iran harus bertanggung jawab.

"Amerika Serikat akan mengambil tindakan lebih lanjut untuk meminta pertanggungjawaban Iran atas tindakan yang mengancam keamanan sekutu AS dan menjadi preseden yang meresahkan bagi dunia maya."

Baca juga: Albania Putuskan Hubungan dengan Iran karena Serangan Siber

Perdana Menteri Albania menuduh Iran mengarahkan serangan siber terhadap lembaga-lembaga Albania pada 15 Juli dalam upaya melumpuhkan layanan publik serta meretas data dan komunikasi elektronik dari sistem pemerintah.

Sebagai pembalasan, Albania, yang bergabung dengan NATO pada 2009, telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran. 

Insiden itu terjadi ketika Amerika Serikat dan kekuatan Eropa sedang berjuang untuk menyelamatkan kesepakatan yang akan memberlakukan kontrol ketat pada sektor nuklir Iran yang kontroversial dengan imbalan pencabutan beberapa sanksi. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT