07 September 2022, 14:46 WIB

Alasan Kesehatan Ratu, PM Inggris yang baru Dilantik di Skotlandia


Cahya Mulyana |

LIZ Truss pada hari Selasa, (6/9) resmi menjadi Perdana Menteri (PM) baru Inggris usai menghadap Ratu Elizabeth II. Perempuan 47 tahun itu berjabat tangan dengan Ratu Elizabeth dan berjanji akan membentuk pemerintahan baru.

Ratu menerima hadirin yang terhormat Elizabeth Truss MP hari ini dan memintanya untuk membentuk pemerintahan baru," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan.

Upacara pelantikan Truss berlangsung di retret Balmoral yang terletak di Dataran Tinggi Skotlandia. Tempat itu dipilih karena Ratu yang berusia 96 tahun itu dirasa tidak cukup sehat untuk kembali ke London.

"Truss juga menerima tawaran Yang Mulia dan mencium tangan saat pengangkatannya sebagai PM," lanjut pernyataan itu.

Terakhir kali penyerahan kekuasaan terjadi di Balmoral adalah pada tahun 1885. Itu terjadi ketika ratu Victoria naik takhta.

Baca juga: Ukraina Kecam Rusia atas Penahanan Tokoh Muslim Krimea

Biasanya, PM yang keluar dan yang baru bertemu dengan ratu di Istana Buckingham di pusat kota London. Kejadian pertemuan di luar Istana Buckingham pernah terjadi di tahun 1952 ketika PM saat itu, Winston Churchill, bertemu ratu di Bandara Heathrow setelah kematian ayahnya, Raja George VI.

Truss menjadi PM baru Inggris setelah mengalahkan rivalnya, Rishi Sunak, dalam pemilihan internal Partai Konservatif. Truss berhasil mengalahkan Sunak, dengan 81.326 suara berbanding 60.399.

Sebelum menjadi PM, Truss merupakan anggota kabinet pendahulunya, Boris Johnson. Saat itu, ia menjadi Menteri Luar Negeri.

Truss melanjutkan kepemimpinan Johnson yang mengundurkan diri pada Juli lalu. Johnson memutuskan untuk mundur setelah administrasinya dilanda skandal pelecehan seksual yang dilakukan oleh salah satu pejabatnya, Chris Pincher.(OL-4)

BERITA TERKAIT