31 August 2022, 08:29 WIB

Masuk Wilayah Udara Taiwan, Drone Tiongkok Dihalau dengan Tembakan 


 Cahya Mulyana |

TAIWAN mengusir pesawat drone atau nirawak Tiongkok yang memasuki wilayah udaranya. Dengan seizin Presiden Tsai Ing-wen, Taipei melepaskan tembakan peringatan sebagai balasan dari provokasi Beijing itu.

"Peluru tajam ditembakkan ke pesawat tak berawak yang mendekati pulau Erdan sebelum pukul 18.00 waktu setempat," kata Juru Bicara Komando Pertahanan Kinmen Chang Jung-shun.

Menurut dia, provokasi Tiongkok itu dapat diatasi Taiwan. "Pesawat tak berawak itu kembali ke Tiongkok setelah tembakan dilepaskan," ucapnya.

Ini merupakan kali pertama tembakan peringatan dilepaskan selama ketegangan yang meningkat antara Taiwan dan Tiongkok. Negeri Tirai Bambu hingga kini masih menganggap Taipei adalah wilayah mereka.

Taiwan kerap mengeluhkan pesawat tak berawak milik Tiongkok yang berulang kali terbang dekat pulau-pulau kecil mereka.

Drone dikendalikan di dekat pantai Tiongkok sebagai bagian dari latihan militer terbaru mereka.

Sejak kedatangan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi, Beijing melakukan latihan di sekitar Taiwan. Ketegangan antara keduanya makin terasa kala adanya kunjungan lanjutan dari Kongres AS.

Baca juga: Biden Minta Kongres Setujui Taiwan Beli Senjata sebesar US$1,1 M

Namun Kementerian Luar Negeri Tiongkok menegaskan pesawatnya itu terbang dalam wilayah udara negaranya. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Zhao Lijian, mengatakan itu sesuai rekaman video dari drone tersebut.

"Drone milik Tiongkok terbang di teritori Tiongkok, hal ini bukanlah sesuatu yang perlu diributkan," katanya.

Tsai mengkritik Tiongkok karena drone dan aktivitas perang zona abu-abu lainnya. Dia tidak merinci tindakan balasan apa yang dia perintahkan kepada kementerian pertahanan.

"Saya ingin memberi tahu semua orang bahwa semakin banyak musuh memprovokasi, kita harus semakin tenang," kata Tsai kepada perwira angkatan laut.

"Kami tidak akan memprovokasi perselisihan, dan kami akan menahan diri, tetapi itu tidak berarti bahwa kami tidak akan melawan," sambungnya.

Kepulauan Kinmen berada pada titik terdekatnya hanya beberapa ratus meter dari wilayah Tiongkok, di seberang kota Xiamen dan Quanzhou Tiongkok. Angkatan bersenjata Taiwan diperlengkapi dengan baik tetapi dikerdilkan oleh Beijing.

Tsai telah mengawasi program modernisasi dan menjadikan peningkatan belanja pertahanan sebagai prioritas. (CNA/Cah/OL-09)

BERITA TERKAIT