19 August 2022, 13:44 WIB

Respon Latihan Militer Tiongkok, Taiwan Pamer F-16V Baru


Cahya Mulyana |

TAIWAN meluncurkan jet tempur paling canggihnya, F-16V, yang dilengkapi rudal dalam latihan militer malam. Pamer kekuatan ini dilakukan Taipei menanggapi latihan militer Tiongkok yang digelar di dekat perbatasan.

"Dalam menghadapi ancaman dari latihan militer pasukan komunis Tiongkok baru-baru ini, kami tetap waspada sambil menetapkan konsep medan perang di mana-mana dan berlatih kapan saja untuk memastikan keamanan nasional," kata Angkatan Udara Taiwan.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, Sun Li-fang mengatakan bahwa sementara Taipei mengutuk tindakan Tiongkok dalam beberapa hari terakhir. Menurutnya, situasi ini menjadi peluang bagus bagi pasukan Taiwan untuk mengasah keterampilan pertahanan.

"Kami akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menguji semua pelatihan yang biasa kami lakukan, dan melalui ini meningkatkan metode kami saat ini dan meningkatkan efektivitas tempur kami," ucapnya.

"Pasukan Republik Tiongkok percaya diri, mampu, dan bertekad untuk mempertahankan keamanan Republik Tiongkok (Taiwan)," tambah Sun.

Baca juga: Demi Hancurkan Rusia, AS Kembali Bantu Ukraina

Sebelumnya Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu tidak berusaha untuk memprovokasi atau meningkatkan ketegangan dengan Beijing. Latihan ini dianggap hanya sekadar latihan rutin biasa.

Pasukan Tiongkok menggelar latihan militer udara dan laut berhari-hari di Selat Taiwan. Aksi itu dilakukan menanggapi kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dan delegasi Kongres di Taipei.

Taipei telah melakukan latihan militer untuk mensimulasikan pertahanan terhadap invasi oleh Tiongkok. Pada Rabu lalu, personel angkatan udara melakukan latihan dengan pesawat tempur F-16V dilengkapi rudal anti-kapal buatan AS.

Taiwan mendemonstrasikan kecepatan pesawat itu mengunggah senjata, termasuk rudal anti-kapal Harpoon buatan Boeing Co. Sebanyak enam F-16V kemudian lepas landas untuk misi pengintaian dan pelatihan malam, termasuk dua yang dipersenjatai dengan rudal. (AFP/OL-4)

BERITA TERKAIT