15 August 2022, 11:00 WIB

Kondisi Rushdie Membaik Pascapenusukan


Basuki Eka Purnama |

KONDISI Salman Rushdie mulai membaik dan penulis itu menunjukkan sifatnya yang pantang menyerah. Hal itu diungkapkan keluarga dan kerabat, Minggu (14/8), beberapa hari setelah aksi penusukan yang menyebabkan Rushdie harus bernafas dengan bantuan ventilator.

Beberapa jam setelah aksi penyerangan pada Jumat (12/8) di New York, penulis Inggris itu menjalani operasi darurat untuk mengatasi luka-luka yang dialaminya.

Namun, kini, kondisinya, meski tetap serius, telah menunjukkan perbaikan dan Rushdie sudah bisa bernafas sendiri.

Baca juga: Penikam Rushdie Simpatisan Iran

"Dia telah dilepaskan dari ventilator yang berarti perjalanan menuju sembuh telah dimulai. Perjalanan itu akan panjang karena luka yang dialaminya parah. Namun, dia berada dalam jalur yang benar," ujar agen Rushdi, Andrew Wylie.

Penulis, yang hidup selama berpuluh-puluh tahun hidup di bawah kawalan polisi akibat karyanya The Satanic Verse yang dianggap melecehkan Islam dan Nabi Muhammad, akan memberi kuliah umum ketika seorang pria naik ke atas panggung dan kemudian menusuk leher dan perutnya.

Pelaku penyerangan itu, Hadi Matar, 24, dari New Jersey, dijatuhkan oleh staf dan penonton sebelum kemudian diserahkan kepada polisi.

Di pengadilan, Matar mengaku tidak bersalah atas dakwaan upaya pembunuhan. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT