05 August 2022, 10:34 WIB

Tiongkok Tembakkan Rudal dalam Latihan, Jepang Naikkan Anggaran Militer


Ferdian Ananda Majni |

KETUA DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi akan bertemu dengan pejabat Jepang di Tokyo Jumat (5/8) setelah kunjungan ke Korea Selatan dan Taiwan.

Sementara itu, reaksi Beijing atas kunjungan Pelosi dengan latihan militer dan peluncuran rudal yang belum pernah terjadi sebelumnya. Lima rudal militer Tiongkok mendarat di dalam zona ekonomi eksklusif Jepang.

Perjalanan singkat Pelosi ke Taiwan, tiba tanpa pemberitahuan dengan delegasi kongres pada Selasa (2/8) malam dan pergi pada Rabu (3/8), menandai kunjungan tingkat tertinggi AS ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri tersebut.

Kondisi itu juga terjadi ketika Tokyo, salah satu sekutu terdekat Washington, semakin khawatir tentang kekuatan Tiongkok yang tumbuh di Indo-Pasifik.

Kini kekhawatirkan yang berkembang bahwa Beijing dapat mengambil tindakan militer terhadap Taiwan.

Pelosi memuji demokrasi Taiwan dan menjanjikan solidaritas Amerika. Namun, sebaliknya Beijing menanggapi dengan latihan militer.

Bahkan lembaga penyiaran negara mengatakan latihan perang Tiongkok di Selat Taiwan akan menjadi yang terbesar termasuk penembakan rudal langsung di perairan dan di wilayah udara di sekitar pulau itu.

Baca juga: AS Tuding Tiongkok Tanggapi Berlebihan Kunjungan Pelosi ke Taiwan

Dilansir Channel News Asia, Jumat (5/8) dilaporkan 5 rudal mendarat di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, mendorong Tokyo untuk mengajukan protes keras melalui saluran ekonomi.

Di wilayah Jepang, pulau-pulau paling selatannya lebih dekat ke Taiwan daripada Tokyo, telah memperingatkan bahwa intimidasi Tiongkok terhadap Taiwan adalah ancaman keamanan nasional yang meningkat.

Partai Demokrat Liberal (LDP) pimpinan Perdana Menteri Fumio Kishida juga telah berjanji untuk melipatgandakan pengeluaran militer menjadi 2% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Ketegangan antara Jepang dan Tiongkok meningkat pada Kamis (4/8) ketika Tiongkok mengumumkan bahwa pertemuan antara menteri luar negeri kedua negara, yang akan berlangsung di sela-sela pertemuan ASEAN di Kamboja, telah dibatalkan karena ketidaksenangannya dengan G7.

Pernyataan mendesak Beijing untuk menyelesaikan ketegangan Taiwan secara damai.

Pelosi tiba di Jepang setelah kunjungan ke Korea Selatan pada hari Kamis (4/8), dimana dia berjanji akan mendukung denuklirisasi Korea Utara.

Di Tokyo, dia dan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida bertemu untuk berdiskusi pada Jumat pagi. Dia juga diperkirakan akan bertemu dengan Ketua DPR Jepang Hiroyuki Hosoda, membahas hubungan internasional.

Saat mengunjungi Jepang pada bulan Mei, Presiden AS Joe Biden mengatakan dirinya akan bersedia menggunakan kekuatan untuk membela Taiwan.

Komentar Biden tampaknya memperluas batas kebijakan ambiguitas strategis AS terhadap pulau tersebut. (Fer/OL-09)

BERITA TERKAIT