05 August 2022, 10:19 WIB

AS Nyatakan Cacar Monyet Darurat Kesehatan


Basuki Eka Purnama |

PEMERINTAH Amerika Serikat (AS), Kamis (4/8) menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan sehingga bisa ada tambahan suntikan dana baru, membantu pengumpulan data, dan menurunkan tambahan tenaga kesehatan untuk memerangi penyakit itu.

Langkah itu diambil setelah kasus cacar monyet di AS mencapai angka 6.600 kasus dengan seperempat kasus ditemukan di Negara Bagian New York.

Pakar kesehatan mengatakan langkah cepat dibutuhkan agar wabah cacar monyet bisa dikendalikan di fase awalnya.

Baca juga: Pemprov Jateng Belum Perintah Rumah Sakit Siaga Cacar Monyet

"Kami siap meningkatkan tanggapan ke level yang lebih tinggi. Kami meminta semua warga AS memandang cacar monyet sebagai hal yang serius dan bekerja sama untuk mencegah penyebaran virus itu," ujar Menteri Kesehatan dan Pelayanan Manusia AS Xavier Becerra.

Para ahli memperkiran kasus cacar monyet yang sebenarnya lebih banyak lagi karena gejala dalam wabah global, yang dimulai Mei lalu itu, terkadang sangat ringan, seperti satu luka ketimbang yang menyebar ke seluruh tubuh.

AS, sejauh ini, telah menyuntikan sekitar 600 ribu vaksin cacar monyet. Namun, jumlah itu jauh dibanding jumlah warga yang dianggap beresiko tinggi, yaitu sebanyak 1,6 juta orang. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT