05 August 2022, 09:19 WIB

AS Tuding Tiongkok Tanggapi Berlebihan Kunjungan Pelosi ke Taiwan


Basuki Eka Purnama |

AMERIKA Serikat (AS), Kamis (4/8), menuding aksi Tiongkok meluncurkan 11 rudal balistik ke wilayah sekeliling Taiwan sebagai aksi berlebihan menanggapi kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau tersebut.

Meski begitu, juru bicara Gedung Putih John Kirby memastikan kapal induk AS akan tetap ditempatkan di timur Taiwan untk memonitor situasi setelah aksi agresif Tiongkok itu.

"Tiongkok telah memilih bereaksi berlebihan dan menggunakan kunjungan ketua DPR AS sebagai alasan untuk meningkatkan aktivitas militer provokatif di kawasan Selat Taiwan," kata Kirby.

Baca juga: Taiwan Usir Kapal Nirawak Tiongkok di Kepulauan Kinmen

Kirby menyebut aksi Tiongkok itu merupakan bagian dari krisis buatan serta menuding Beijing tengah berupaya mengubah keseimbangan kekuatan di kawasan.

"Mereka tengah berusaha membuat status quo baru, menciptakan normalitas baru," ujar Kirby.

"Saya dengan tegas bisa memastikan kita tidak akan menerima status quo baru itu. Karenanya, suhu saat ini sangat tinggi," lanjutnya.

Kirby kemudian menambahkan, suhu bisa mereda jika Tiongkok berhenti melakukan latihan militer agresif serta menembakkan rudal ke wilayah Selat Taiwan. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT