03 August 2022, 09:17 WIB

Arab Saudi dan UEA Beli Rudal AS


Cahya Mulyana |

Amerika Serikat (AS) mengumumkan penjualan sistem pertahanan rudal utama ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab senilai lebih dari US$5 miliar. Persetujuan itu diumumkan dua minggu setelah Presiden AS, Joe Biden bertemu dengan para pemimpin kedua negara di Arab Saudi yang merasa terancam oleh Iran.

Departemen Luar Negeri mengatakan Arab Saudi akan membeli 300 sistem rudal Patriot MIM-104E, yang dapat digunakan untuk menjatuhkan rudal balistik dan jelajah jarak jauh yang masuk, serta menyerang pesawat. Nilai rudal dan peralatan, pelatihan dan suku cadangnya adalah USD3,05 miliar.

Arab Saudi telah menghadapi ancaman roket pemberontak Houthi Yaman, yang telah dipasok dengan peralatan dan teknologi Iran. “Rudal-rudal ini digunakan untuk mempertahankan perbatasan Kerajaan Arab Saudi terhadap sistem udara tak berawak lintas batas Houthi yang gigih dan serangan rudal balistik di situs sipil dan infrastruktur penting di Arab Saudi,” kata Departemen Luar Negeri AS.

Secara terpisah, Amerika Serikat akan menjual sistem rudal permukaan-ke-udara THAAD ke UEA seharga USD2,25 miliar. UEA juga baru-baru ini menjadi sasaran serangan roket Houthi, yang sebagian telah ditangkis oleh sistem pertahanan yang dijalankan oleh militer AS yang berbasis di negara itu.

"Penjualan yang diusulkan akan meningkatkan kemampuan UEA untuk menghadapi ancaman rudal balistik saat ini dan masa depan di kawasan itu, dan mengurangi ketergantungan pada pasukan AS," kata Departemen Luar Negeri AS. (Aljazeera/OL-12)

BERITA TERKAIT