03 August 2022, 09:12 WIB

Satu Kapal Induk dan Tiga Kapal Perang AS Kawal Pelosi


Cahya Mulyana |

Aktivitas militer meningkat di dekat Taiwan ketika Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi tampak siap melakukan kunjungan kontroversial. Pelosi pun akhirnya tiba di Taiwan dan akan bertemu Presiden Taiwan, Tsai Ing-Wen.

Sebanyak empat kapal perang Amerika Serikat, termasuk sebuah kapal induk, telah berada dalam posisi siaga di perairan timur Taiwan. Angkatan Laut AS menyebutnya sebagai pengerahan rutin untuk melindungi pejabat tinggi.

AS sendiri mengatakan tidak akan terintimidasi oleh peringatan Tiongkok terhadap kunjungan pejabat tertinggi AS untuk melakukan perjalanan ke pulau itu sejak 1997.

“Kapal induk USS Ronald Reagan telah transit di Laut China Selatan dan saat ini berada di Laut Filipina, di sebelah timur Taiwan dan Filipina serta selatan Jepang,” kata seorang pejabat Angkatan Laut AS.

USS Ronald Reagan yang berbasis di Jepang beroperasi dengan kapal penjelajah peluru kendali, USS Antietam, dan sebuah kapal perusak, USS Higgins.

“Meskipun mereka mampu menanggapi segala kemungkinan, ini adalah normal, penyebaran rutin,” ucap pejabat itu.

Pejabat itu, yang tidak mau berkomentar tentang lokasi pasti keberadan kapal perang AS. Namun terdapat kapal serbu amfibi USS Tripoli juga berada di daerah itu. (Aljazeera/OL-12)

BERITA TERKAIT