14 July 2022, 13:20 WIB

Senjata Rakitan Milik Pembunuh Shinzo Abe Mematikan


 Cahya Mulyana |

KEHANDALAN senjata api rakitan milik pembunuh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Tetsuya Yamagami, setara dengan senapan pabrikan yang mematikan. Wajar saja dua peluru yang dimuntahkan senjata jenis gentel ini mampu merenggut nyawa Abe.

"Tersangka tampaknya menggunakan selongsong yang menembakkan beberapa peluru sekaligus. Senapan berjenis gentel ini memiliki jangkauan tembakan sekitar 100 meter dan pelurunya bergerak dengan arah seragam dengan kekuatan yang mematikan," kata pakar senjata Tsuda Tetsuya.

Abe ditembak saat menyampaikan pidato kampanye pada Jumat (8/7). Tersangka penembakan berusia 41 itu ditangkap di lokasi kejadian.

Kepolisian pada Rabu (13/7), menemukan lubang di dinding dekat lokasi kejadian dengan jarak 90 meter diakibatkan peluru senjata milik Yamagami.

Menurut Tsuda, peluru yang dibuat oleh tersangka seukuran dengan yang biasanya digunakan untuk menembak binatang besar, seperti beruang.

Baca juga: Jasad Shizo Abe Disemayamkan di Kuil Zojoji

Dilaporkan bahwa tersangka mengatakan kepada polisi dirinya menonton video daring untuk belajar membuat senjata api. Kini Yamagami sedang menghadapi tuntutan hukum. (NHK/Cah/OL-09)

BERITA TERKAIT