12 July 2022, 17:50 WIB

Ditinggal Abe, Partai Demokratik Liberal Kuasai Jepang


Cahya Mulyana |

PARTAI Demokratik Liberal (LDP) berhasil memenangi lebih dari setengah kursi yang diperebutkan tanpa bantuan dari mitra koalisinya, Komeito. Perdana Menteri Fumio Kishida mengaku bahagia dengan hasil tersebut.

Ia berjanji untuk mengatasi sejumlah masalah terbesar yang tengah dihadapi Jepang. Termasuk soal pandemi covid-19, invasi Rusia ke Ukraina, serta lonjakan biaya hidup.

Kishida juga berjanji akan membangkitkan kembali perekonomian Jepang. Salah satu syaratnya dengan menyesuaikan konstitusi 1947 dengan tantangan zaman melalui amendemen.

Koalisi berkuasa dan dua partai lainnya, Partai Inovasi Jepang Nippon Ishin dan Partai Demokratik untuk Rakyat, mendukung amendemen konstitusi. Partai-partai tersebut sekarang menguasai lebih dari dua pertiga kursi di Majelis Tinggi.


Baca juga: Jasad Shizo Abe Disemayamkan di Kuil Zojoji


Mayoritas dua pertiga diperlukan di dua kamar di parlemen untuk menggelar referendum nasional terkait usulan amendemen tersebut.

Pemilu berlangsung dua hari setelah mantan Perdana Menteri sekaligus politikus senior LDP Shinzo Abe terbunuh saat ia berkampanye pada Jumat (8/7). Kishida mengatakan aksi kekerasan tersebut sebagai tantangan bagi demokrasi Jepang.

Kubu oposisi, Partai Demokratik Konstitusional di bawah pemimpin barunya Kenta Izumi, kehilangan sejumlah kursi di Majelis Tinggi.

Kenta mengatakan, "Dengan tingkat persetujuan partai kami yang masih rendah, kami harus berupaya sendiri dan mengembalikan dukungan." (NHK/OL-16)

BERITA TERKAIT