07 July 2022, 15:40 WIB

Menlu RI dan Tiongkok Bahas Tantangan Dunia


Cahya Mulyana |

MENTERI Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menlu Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi membahas isu terkini termasuk dampak konflik di Ukraina. Wang Yi mengapresiasi Indonesia sebagai presidensi G20.

"Menlu Wang Yi menyampaikan apresiasi terhadap Indonesia atas penyelenggaraan Pertemuan Menlu G20 yang inklusif mengingat peran strategis G20 dalam membahas isu-isu global," ungkap keterangan resmi terkait pertemuan bilateral Wang Yi dan Retno pada Kamis, (7/7) di Bali dalam rangka menghadiri Pertemuan Menlu G20.

Menurut keterangan tersebut Retno mengapresiasi Wang Yi yang mendukung presidensi Indonesia di G20 hingga KTT November nanti. Keduanya sepakat bahwa dunia menghadapi banyak tantangan yang memerlukan kerja sama semua negara.

Baca juga: Joe Biden Coret Afghanistan dari Daftar Sekutu AS

Terkait kerja sama bilateral, kedua menlu juga akan melakukan pertemuan kedua High-Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) pada 9 Juli, di Bali. Dari Pihak Indonesia, delegasi akan dipimpin bersama oleh Menteri Koodinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Panjaitan dan Retno.

Selain isu bilateral, kedua menlu juga membahas pentingnya kerja sama antar negara berkembang dalam rangka memelihara stabilitas kawasan dan mengatasi isu-isu global termasuk melalui penguatan kerja sama ASEAN dan RRT.

Soliditas suara negara-negara berkembang juga diperlukan dalam upaya menghentikan perang, dan mengintegrasikan kembali ekspor pangan Ukraina dan Rusia ke rantai pasok global. (OL-4)

BERITA TERKAIT