07 July 2022, 15:00 WIB

Lawan Covid-19, Shanghai Cabut Izin Dua Tempat Karoke


Cahya Mulyana |

Pemerintah Shanghai mencabut izin dua tempat karoke yang diam-diam menerima pengunjung. Keputusan tersebut bagian dari sikap Tiongkok yang memerangi covid-19.

"Dua pejabat lokal sedang diselidiki karena gagal melakukan pengawasan terhadap tempat tersebut di tengah pembatasan penuh," kata pejabat Kota Shanghai.

Penduduk di 16 distrik Shanghai harus mengikuti dua kali tes covid-19 selama pekan ini. Setiap orang harus melakukan tes covid-19 secara mandiri sebagai syarat untuk menaiki angkutan umum.

Shanghai melaporkan 54 kasus baru Covid-19 yang ditularkan secara lokal pada Rabu, (6/7). Kasus infeksi virus ini terbanyak sejak akhir Mei.

Kemudian terdapat dua kasus ditemukan di luar lokasi karantina yang dikhawatirkan akan menyebabkan penyebaran. Shanghai berusaha menghindari penguncian kota yang sempat dilakukan dua bulan lalu.

Kebijakan itu menyebabkan kerugian ekonomi yang besar dan gangguan terhadap mental 25 juta penduduknya. Dampak lainnya mengganggu rantai pasokan global dan perdagangan internasional selama April dan Mei.

“Kebangkitan Omicron bukanlah masalah di sebagian besar negara lain, tetapi tetap menjadi masalah utama bagi ekonomi Tiongkok,” tulis analis Nomura.

"Karena Tiongkok sejauh ini merupakan pusat manufaktur terbesar di dunia, setiap gelombang baru Omicron kemungkinan akan memiliki dampak yang tidak dapat diabaikan”, pungkasnya. (Straits Times/OL-12)

BERITA TERKAIT